Pemangkatan dalam Bahasa C

Bagi yang pernah mengenyam pendidikan tentu mengetahui tentang pemangkatan dimana pemangkatan adalah perkalian secara berulang-ulang sejumlah pangkat yang diberikan. Misalkan saja 33 (tiga pangkat tiga) = 3 X 3 X 3 = 27. Seperti contoh yang diberikan bahwa pangkat menentukan berapa kali proses perkalian dilakukan.
http://www.blogger.com/img/blank.gif
Kan sudah dijelaskan diatas apa yang disebut dengan pemangkatan. Dari definisi diatas diketahui bahwa perkalian-nya dilakukan berulang-ulang. Nah pada Pemrograman Bahasa C kita perlu adanya looping dalam membuat program pemangkatan. Mari kita simak program selengkapnya.

Penjelasan :
1. Dalam program kali ini kita menggunakan 4 variabel, dimana kesemuanya merupakan integer. Tetapi variabel d kita beri nilai 1.
2. Angka yang hendak dipangkat di input pada bagian ini.
3. Disinilah pangkat yang menentukan banyaknya perkalian di input.
4. Perulangan disini menggunakan variabel c dan b. Dengan nilai awal c = 1, untuk keluar dari looping jika nilai c lebih dari b, dan interval looping adalah penambahan 1.
5. Perlu dicermati pada bagian ini. Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa nilai awal dari variabel d = 1. Nah hasil perkalian variabel d dan a adalah d itu sendiri, hasil tersebut digunakan secara terus menerus. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini :

Misalkan a = 2 dan b = 3. Artinya 23 = 8 dengan rumus d=d*a
Proses :
Perulangan 1 : d=1*2 maka d = 2
Perulangan 2 : d=2*2 maka d = 4
Perulangan 3 : d=4*2 maka d = 8

6. Setelah proses pemangkatan sudah selesai, dibagihttp://www.blogger.com/img/blank.gifan ini kita akan menampilkan hasilnya. %i pertama untuk menampilkan nilai variabel a, %i ke-2 untuk menampilkan nilai variabel b, %i ke-3 untuk menampilkan nilai variabel d.

Sumber informasi :
http://www.pascalsourcecode.co.cc/2009/08/source-code-membuat-program-pangkat.html


Download artikel, download program

Previous
Next Post »